Saturday, June 17, 2006

telor petis


Biasanya hidangan ini disajikan saat lebaran bersama opor ayam, sambel goreng hati sapi, dan sayur buncis.
dari tahun ketahun menjadi hidangan wajib deh kalau lebaran, nah kali ini karena menunya ada opor dan sayur buncis jadi pengen bikin nih telur favoriteku. Rasanya temu kunci itu yang bikin unik nih hidangan.

bahan yang diperlukan :

30 telur digodog sampai matang, kupas lalu goreng dalam minyak panas ( terendam telurnya).

bumbu arehnya :

3 kaleng santan
2 sdm bumbu kuning
1 sdm petis, kalau gak ada petis ganti aja ama ebi (1 sdm) atau udang segar (2 sdm) yang dihaluskan, ditumis dengan bumbu kuning sampai harum. Ya kurang lebihlah mirip petis udang.

rempah daun :
2 ikat temu kunci di memarkan.( kurleb 250 gr)
8 lembar daun jeruk
3 buah sere
2 cm laos dimemarkan
1sdm gula merah
garam secukupnya

250 gr cabe ijo potong serong
50 gr cabe rawit ( jika suka pedas).

Masak santan bersama bumbu kuning, rempah2 daunnya juga petis, masak sampai mengental santannya, lalu masukkan telor yang sudah digoreng dan cabe ijo, juga gula merah dan garamnya, cicipi, sesuaikan rasa.
Masak sampai santan hampir menjadi areh lalu masukkan cabe rawitnya masak lagi sampai santan jadi areh.
Hidangkan panas2 dengan lontong opor atau nasi putih.


Ini penampakannya temu kunci.

6 Comments:

At 9:09 AM, Anonymous Anonymous said...

Mbak, temu kunci belinya di pasar tradisional apa di supermarket? Kira-2 kalo saya belinya di pasar di sby - ada ngga ya? soalnya saya belum pernah tau je mbak...
richarda

 
At 1:36 AM, Blogger Bunda Estherlita said...

masa sih rich gak ada dipasar..?
bilang ajah kunci , masa gak ada ya? *ikutan heran*.
Saya selalu beli dipasar trad banyak kok, belinya ditukang bumbu bukan di tukang ayam lho...heheheheh
pis ah

 
At 1:37 AM, Blogger Bunda Estherlita said...

eh iya , besar kemungkinan di supermarket malah banyak kayak hero atau C4.

 
At 12:07 PM, Anonymous Anonymous said...

biasanya aku kalo bikin telor petis, aku tambahin kecap manis jadi rasa petisnya gak terlalu kencang. Dan biasanya aku kasih juga daun jeruk, lengkuas dan sereh. Vee

 
At 3:39 PM, Blogger Bunda Estherlita said...

ya emang itu balik lagi ke selera...
saya malah belum nyoba pake kecap..
kayaknya unik juga ya ?

 
At 10:04 AM, Blogger richarda said...

Richarda said: Ealah mbaaak... (lebih mantep dibaca dng dialeg jatim-an he..he) kalo kunci mah saya tahu... lha mbak Esther bilangnya pake 'temu' saya jadi mikir barang lain.. apalagi gambarnya kok indah nian.. OK mbak, tar hasil masakannya saya uplot di pm yaaaa....
Ma kasih mbak.
Hugs..
Eh.. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428H, maafin semua kesalahan saya ya mbak... Selamat bersenang senang dengan keluarga, mas Bamby dateng kaannn..
Dag mbak...

 

Post a Comment

<< Home